Thursday, September 22, 2011

0 Meningkatkan Kebugaran Otak

Date: Thursday, September 22, 2011 9/22/2011 06:21:00 AM
Category:
Author: Unknown
Share:
Responds: 0 Comment
Use it or lose it. Itulah pepatah populer yang berkaitan dengan kebugaran fisik namun juga dapat berlaku untuk kebugaran otak. Otak kita – sebagaimana tubuh – fungsinya semakin menurun setelah usia dua puluhan. Namun, seperti halnya kebiasaan berolahraga dapat tetap menjaga tubuh dari kenaikan berat badan, otot yang mengendor dan penuaan dini, olahraga otak dapat menjaga agar penyimpanan memori Anda tetap tajam, memperlambat penurunan kognitif dan meningkatkan pemikiran kreatif Anda.

Berikut adalah aktivitas terbaik yang dapat meningkatkan kebugaran otak menurut Dr. Ryuta Kawashima, penulis dari Train Your Brain More, dan dapat mengasah otak Anda dalam 60 hari.

Pekerjaan Yang Sederhana, Cepat Dan Penuh Perhitungan

Membantu anak-anak Anda mengerjakan PR tidak hanya membantu mereka memahami penambahan, pengurangan dan sejenisnya, juga dapat membantu mengasah kemampuan kognitif Anda.

Dr. Kawashima mengatakan, “Melalui penelitian, saya menemukan bahwa perhitungan sederhana dapat lebih mengaktifkan otak dibandingkan aktivitas lainnya. Saya juga menemukan bahwa cara terbaik untuk mengaktifkan area terbesar dari otak adalah dengan menyelesaikan perhitungan ini secara cepat.”

Bukunya yang berjudul Train Your Brain More memberikan ilustrasi area-area otak yang diaktifkan saat melakukan beragam kegiatan, seperti berpikir, menonton televisi, menulis dan membaca. Menyelesaikan perhitungan sederhana dengan cepat dan membaca dengan suara keras menunjukkan aktivasi terbesar akan beberapa bagian berbeda dari otak.

Membaca Dengan Suara Keras Dapat Mengumpulkan Tenaga Otak

Meskipun otak Anda berfungsi dengan baik saat Anda membaca di dalam hati, Dr. Kawashima mengatakan membaca dengan suara keras dan cepat benar-benar dapat melatih otak lebih lagi.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Kawashima, bahkan dengan 10 menit melakukan perhitungan sederhana serta membaca dengan suara keras terbukti bermanfaat bagi otak.

“Kami memberikan latihan kepada partisipan kami selama 10 menit dalam sehari untuk menulis dan membaca dengan suara keras, 10 menit melakukan perhitungan sederhana yang dilakukan 2-5 hari dalam seminggu,” Dr. Kawashima menjelaskan.

Partisipan yang tidak melakukan latihan-latihan tersebut di atas mengalami kemunduran fungsi kognitif pada enam bulan berikutnya. Namun, partisipan yang melakukan latihan menulis, membaca dan matematika menunjukkan peningkatan fungsi otak dan menghentikan kerusakan lebih lanjut dari Alzheimer.

Dalam bukunya Train Your Brain More, tersedia program lengkap kebugaran otak dalam 60 hari, dari 60 perhitungan sederhana, tes kemajuan periodik, grafik kemajuan, dan tips untuk melatih otak Anda secara optimal.

Milikilah komitmen untuk menjaga agar otak Anda tetap sehat dan bugar – hal itu merupakan kegiatan harian yang terbuklti bermanfaat bagi kualitas hidup Anda sebagaimana diet seimbang dan olahraga yang teratur.
tinggalin coment ya...

Artikel Terkait :



Post a Comment